Jangan Sepelekan Gejala Batuk …

batukFLU biasa dapat menyebabkan batuk yang menggelitik dan sedikit kering, selain gejala lain seperti hidung meler, hidung tersumbat, atau sakit tenggorokan. Tapi jika batuk menjadi gejala utama yang Anda alami, itu mungkin disebabkan bronkitis akut.

Bronkitis akut biasanya menyebabkan batuk yang produktif dan basah. Umumnya, dahak akan berwarna. Tapi warna bukan cara yang pasti untuk menentukan apakah Anda sedang terinfeksi virus atau bakteri.

“Ketika batuk Anda berwarna cokelat atau darah gelap, itu berkaitan dengan infeksi. Tapi itu tidak berarti itu bukan karena virus,” kata Brandi Newsome, MD, seorang pulmonologist di University of South Carolina School of Medicine.

Bahkan, dalam sebagian besar kasus, bronkitis akut disebabkan infeksi virus. Itu berarti antibiotik tidak akan berbuat apa-apa. Jadi jika Anda ingin dokter meresepkan antibiotik, minta dokter untuk melakukan kultur sputum terlebih dulu.

Setelah berobat jangan harapkan Anda akan pulih dalam semalam, pesannya seperti dikutip dari Menshealth, Rabu (6/1/2016). Menurut peneliti dari University of Georgia, batuk akut yang disebabkan oleh bronkitis dan kuman lainnya berlangsung selama rata-rata 18 hari.
(jjs/okz/wam)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *