Jelang Operasi Zebra 2016, Polantas Dumai Gelar Razia Kasat Mata

ZEBRADUMAI– Jelang Operasi Zebra yang akan dilaksanakan dalam dekat ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Dumai menggelar operasi cipta kondisi pelanggaran lalu lintas Kamis (20/10) sore sekira pukul 16.00 WIB di Simpang Lampu Merah Jalan Sukajadi.

Dalam operasi tersebut bersasaran pada pengendaran yang melakukan pelanggaran kasat mata, seperti tidak menggunakan helm maupun helm standar, tidak menggunakan spion dan kelengkapan berkendaraan lainnya.

Pantauan Dumai Pos di lapangan terlihat sejumlah pengendaran tidak menggunakan kelengkapan berkendaran yang benar, salah satunya tidak menggunakan Helm dan helm standar yang harus diberhentikan oleh petugas di persimpangan lampu merah tersebut.

Kasat Lantas Polres Dumai AKP Emil Eka Putra SH SIK melalyi Kanit Patroli Polres Dumai Iptu Burnaidi dikonfirmasi mengatakan, operasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat agar lebih tertib dalam berlalu lintas, mengingat dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan operasi Zebra 2016.

“Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan Ops Zebra, maka kegiatan rutin seperti ini kita tingkatkan, agar nantinya pada saat pelaksanaan, masyarakat tidak kaget, karena dari tahun-ketahun, atau seperti biasanya, dalam Ops Zebra 80 persen pelaksanaannya adalah penindakan,” terangnya.

Iptu Burnaidi menghimbau kepada pengendara untuk mengenakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), helm proyek atau helm yang tidak sesuai aturan dilarang dikenakan pada saat anda mengendarai sepeda motor di jalan raya.

“Pengendara wajib menggunakan Helm SNI diatur dalam Undang-Undang Republik¬† Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” katanya perwira yang akan menjabat sebagi Kanit Pelayanan Laka Lantas itu7.

Dijelaskannya, aturan itu disebutkan pada bagian keempat khususnya bagian tata cara berlalu lintas, paragraf 1 soal ketertiban dan keselamatan¬† Pasal 106 ayat (8) disebutkan ‘Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia’.

“Sedangkan bagi yang tak memenuhi ketentuan tersebut, maka akan diancam sesuai dengan ketentuan yang disebutkan pada Pasal 291 ayat (1) dan (2) yaitu, Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam¬† Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” truturnya.

Selain itu kata Burnaidi, pelaksanaan operasi rutin kepolisian yang digelar dalam rangka menyongsong Operasi Zebra yang akan dilakukan dalam waktu dekat, tepat di Bundaran Sukajadi, dan mendapati beberapa pengendara menggunakan helm proyek dan mengaku sudah lengkap dalam berlalu lintas.

“Dalam operasi ini kita hanya menertibkan pengendara yang tidak lengkap, Apabila masyarakat sudah tertib secara kasat mata, kami tidak akan memberhentikan apalagi melakukan pemeriksaan, itu bentuk apresiasi kami kepada masyarakat yang sudah tertib,” tutupnya.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *