Kades Dapat Penyuluhan dari Kejari

21-ft sapri Camat Bukit Batu M. Fadlul Wajdi (tenggah), Kasi Intel Kajari Bengkalis Rully Afandy (kanan) dan BAPEMAS-PMD saat memberikan penyuluhanBUKITBATU — Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BAPEMAS-PMD) melakukan penyuluhan dan penerangan hukum dalam pengelolaan dan penggunaan Dana Desa. Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 16 Kepala Desa sekecamatan Bukit Batu.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kejari Rahman Dwi Saputra melalui kasi intel Rully Afandy memaparkan maksud dan tujuan diselenggarakan penyuluhan dan penerangan hukum sebagai upaya untuk mengawasi pengelolaan dan pemanfaatan Dana Desa yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten, Propinsi dan pusat kepada seluruh desa.

“Dalam hal ini kami perlu mengawasi dan menjaga pelaksanaan peruntukan Dana Desa tersebut agar dilaksanakan seseuai dengan daftar usulan rencana kerja oleh para Kepala Desa dan yang diusulkan ke Kabupaten,” kata Kepala Rully, Senin (21/12).

Rully juga menegaskan pihaknya akan memberi jaminan dalam mengelola dana Desa, agar pelaksanaan pembangunan di Desa yang ada di Kabupaten Bengkalis dapat berjalan dengan baik. Jaminan tersebut hanya berlaku sepanjang pelaksanaan dilakukan sesuai petunjuk dan peraturan yang berlaku.

“Kalau kegiatannya dijalankan dengan aturan, kita akan bantu. Namun bila tidak dijalankan atau fiktif, maka kami akan bertindak,” demikian kata Rully sembari mengatakan Kejaksaan memiliki tugas untuk mendorong realisasi dana Desa. Hal ini dilakukan agar pembangunan dapat berjalan.

Camat Bukit Batu, M Fadlul Wajdi dalam sambutanya meminta seluruh Kades se-Kecamatan Bukit Batu untuk dapat menjalankan amanah Undang-Undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa tersebut. Kades juga diminta untuk tidak ragu dan takut melaksanakan anggaran desa dalam mewujudkan pembangunan di tengah masyarakat.

“Jangan takut mengelola dana Desa ini. Selama benar-benar dan bertanggungjawab serta sesuai dengan petunjuk menggunakan dana desa. Apalagi kita sudah mendapat penyuluhan dari Kejaksaan,” tutur Fadlul (sap)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *