KASUS Zaskia Gotik Ke Pengadilan

zaskia gotik2KASUS penghinaan kepada lambang-lambang negara yang tengah menimpa artis penyanyi dangdut Zaskia Gotik akan sampai ke Pengadilan. Kasus ini sulit dihentikan dengan cara damai. Demikian disampaikan oleh Minola Sebayang SH,Selasa (22/3). Minola  Sebayang adalah pengacara yang mendampingi para saksi yang kemarin mulai diperiksa oleh Diskremsus Polda Metro Jaya, yakni Denny Cagur, Ayu Ting Ting dan Julia Perez (Jupe).

“Ini pendapat saya secara profesional sebagai seorang pengacara. Saya telah pelajari kasus ini secara cermat dan menurut saya  akan berujung di Pengadilan. Tapi bisa saja ada kondisi tertentu yang membuat tidak sampai ke pengadilan. Misalkan yang melaporkan mencabut laporannya. Lalu penyidik juga menghentikan penyidikannya,” ujar Minola.

Satu hal yang menurut Minola akan membuat kasus ini sampai ke Pengadilan adalah kasus ini termasuk delik biasa. Bukan delik aduan. Sehingga ada atau tidak ada pengaduan masyarakat, pihak kepolisian bisa melakukan penyidikan. “Terbukti yang memeriksa para saksi kemarin adalah dari Cyber Crime (Kejahatan Siber) dan mereka memperoleh bukti awal melalui patroli Cyber,” lanjutnya.

Jika sudah sampai ke pengadilan, katanya, tinggal masing masing pihak membuktikan adanya unsur kesengajaan atau ketidaksengajaan atas tindakan Zaskia Gotik yang dianggap melecehkan lambang-lambang negara. “Kalau melihat hasil rekaman tayangan acara tersebut memang masih bisa diperdebatkan apakah memang ada unsur dengan sengaja atau ada niat dengan unsur tidak sengaja .”

Satu hal juga yang menjadi perhatian Minola adalah soal sensitifitas masyarakat yang berubah-ubah. “Mungkin saat ini sensifitas masyarakat sedang tinggi sehingga sedikit saja ada yang melecehkan lambang negara, maka minta diselesaikan lewat jalur pengadilan. Kalau sensitifitas lagi rendah, dengan permintaan maaf saja sudah cukup,” ujar Minola.(amz/okz)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *