Keberuntungan Imlek, Semua MakananWajib Dibuat dari Bahan Segar

TERNYATA semua hidangan Imlek tak luput dari makna dan filosofi yang dikandungnya. Proses serta bahan baku juga jadi hal yang diperhatikan betul agar harapannya bisa terkabul di tahun yang baru.

Membicarakan bahan baku, ternyata pada olahan masakan Imlek wajib menggunakan bahan baku yang segar. Dikatakan Chef Ken Choy selaku Executive Chinnese Chef di Hotel JW Marriot, Jakarta, saat ditemui Okezone belum lama ini.

“Saat sudah jadi makanan memang ada maknanya, tapi proses pengolahan juga berpengaruh besar. Terutama bahan baku, tidak semua bisa digunakan. Ada yang pantang,” kata pria asli berdarah Tionghoa yang akrab disapa Chef Ken.

Beberapa bahan makanan yang tidak boleh dipakai adalah makanan froozen atau makanan olahan. “Makanan beku misalnya bakso ikan, nugget dan sebagainya itu harus dihindari saat memasak makanan Imlek,” lanjut Chef Ken.

Lanjut dijelaskan Chef Ken, salah satu makanan Imlek yang wajib hadir adalah ikan. Saat memasak hewan air ini juga masyarakat China harus membeli ikan yang masih hidup. “Makanannya harus segar, beli ikan juga pilih yang masih hidup. Baru dipotong sama penjualnya, bukan ikan yang sudah mati,” tutup Chef Ken.

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *