KMP Tasik Gemilang Bakal Beroperasi Jelang Mandi Safar

_Tarif-Penyeberangan-RoRo-Bengkalis-Pakning-TurunBENGKALIS – KMP Tasik Gemilang dijadwalkan akan segera beroperasi menjelang pelaksanaan acara ritual budaya mandi safar pada tanggal 5 Desember mendatang. Saat ini izin operasi sudah keluar dan rencananya besok (hari ini,red) akan menuju perairan Dumai – Rupat untuk dilakukan uji coba oleh pihak Syahbandar.

“Insyaallah, kalau semuanya berjalan lancar, maka mulai tanggal 4 Desember KMP Tasik Gemilang sudah bisa melayani penyeberangan Dumai – Rupat,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunkasi dan Informatika (Dishubkominfo) Bengkalis, H Jaafar Arief kepada wartawan, Selasa (1/12).

Dikatakan, KMP Tasik Gemilang akan membantu kapal roro yang ada sekarang. Sehingga akan ada dua unit kapal penyeberangan yang akan membantu arus penyeberangan Dumai – Rupat dan sebaliknya. Dengan penambahan kapal tersebut, sambung Jaafar lagi, tidak hanya memperlancar arus penyeberangan Dumai – Rupat untuk aktifitas sehari-hari. Namun, secara tidak langsung turut membantu suksesnya ritual mandi safar yang dilaksanakan pada 5 Desember mendatang.

“Perkiraan kita, jumlah pengunjung yang akan meramaikan acara mandi safar sangat ramai. Terlebih, acara itu nantinya diadakan di Pantai Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, yang terkenal dengan keindahannya. Maka, armada penyeberangan dalam hal ini berperan penting untuk membantu kenyamanan warga yang akan menyeberang. Kalau antri pun tidak akan lama-lama,” papar Jaafar.

Terkait dengan kemungkinan kapal roro beroperasi sampai malam pada saat acara mandi safar, Jaafar mengatakan hal itu bisa saja dilakukan. Tentunya harus berkoordinasi dan seizin Syahbandar. Bagi Pemkab Bengkalis yang terpenting adalah bagaimana masyarakat baik masyarakat Kabupaten Bengkalis, maupun luar Kabupaten Bengkalis bisa merasa nyaman dan aman saat meramiakan acara mandi safar tersebut.

“Tentu kita lihat nanti di lapangan bagaimana. Kira-kira perlu tidak penambahan jadwal penyeberangan sampai malam. Kalau ternyata banyak yang ingin menyeberang malam, tentu kita akan berkoordinasi dengan Syahbandar,” ujar Jaafar lagi.

Disamping itu, sebagaimana diinformasikan sebelumnya, khusus untuk mendukung acara mandi safar, Dishubkominfo juga akan menyediakan dua unit bus dengan kapasitas 24 penumpang di pelabuhan Roro Tanjung Kapal. Bus ini akan membantu masyarakat ke lokasi kegiatan selama acara berlangsung. (FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *