Lesti Kenal Lewat Zapin Melayu

RESTIMENANG sebagai runner up salah satu pencarian bakat penyanyi dangdut kelas Asia, membuat Lesti Andryani mendapatkan hadiah sebuah lagu. Gadis berusia 16 tahun itu diberikan lagu dari pencipta lagu terkenal asal Melayu, Pak Ngah, yang populer dengan lagu Laksmana Raja di Laut.

Lesti mendapatkan lagu dengan genre Melayu berjudul Zapin Melayu. Dalam lagu tersebut, ia mengaku mendapatkan tantangan untuk meraih cengkok Melayu, yang menjadi pengalaman baru baginya. Ditambah lagi, perempuan yang biasa menyebut dirinya Dede tersebut, harus ikut membawakan tari melayu dalam video klipnya.

“Kalau biasanya nyanyi lagu dangdut cengkok-cengkoknya yang sulit. Tapi ini karena Dede baru nyanyi lagu Melayu. Merasa awal-awalnya ‘aduh cengkok melayunya gimana ya?’. Tapi setelah Pak Ngah turun tangan sendiri saat take vocal kemarin, banyak sekali pelajaran yang Dede dapat bagaimana menyanyi lagu-lagu melayu gitu,” jelas Lesti saat di jumpai di lokasi syuting video klip Zapin Melayu, Pusat Film Nasional, Otista Raya, Jakarta Timur, Kamis (10/3/2016).

Di samping menyanyikan lagu dan menari Melayu, Lesti juga memiliki pengalaman untuk bisa mengangkat budaya Melayu. Lewat lagu ini, ia juga menjadi belajar dan mengenal budaya Melayu, yang tak melulu mengangkat kisah cinta seperti dangdut.

“Jangan terpatok dengan lagu dangdut yang cerita nyata, cinta-cinta, dan pengalaman rumah tangga. Mungkin sekarang Dede berbeda. Lagu Melayu yang menceritakan tentang kebudayaan, tarian Zapin Melayu itu seperti apa. Jadi kita enggak usah mikirin yang sedih-sedih, yang bingung-bingung, mendingan kita cari yang buruk kita elokan dan cari yang elok kita besarkan lagi,” tukasnya.

(aln)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *