PEKANBARU! Tiga Paslon Daftar ke KPU

PemilukadaPEKANBARU– Dihari pertama pendaftaran Bakal Calon Walikota Pekanbaru yang dibuka hari ini sampai 23 September mendatang, tercatat ada 3 pasangan calon yang akan melakukan pendaftaran. Mereka diantanya, pasangan Syahril-Said Zohrin (independen), Dastrayani Bibra-Said Usman dan pasangan Ramli Walid dan Irvan Herman.

Dimulai dengan Pasangan nonpartai Syahril-Said Zohrin yang mendatangi kantor KPU kota Pekanbaru pada pukul 11.15 WIB. Kedatangan pasangan ini menjadi yang kedua kalinya. Dari syarat yang ditentukan, pasangan ini masih kekurangan 32.682 dukungan yang dibuktikan dengan KTP.

Kepada wartawan, Syahril didampingi bakal calon wakilnya Said Zohrin menyampaikan, bahwa keinginannya maju dalam Pilkada Pekanbaru tahun 2017 ini lahir dari keinginan yang tulus untuk menyatu dengan masyarakat kota Pekanbaru. Maka segala kekurangan menurutnya akan segera diperbaiki dan dilengkapi lagi agar tetap bisa maju dan menang dalam Pilkada Pekanbaru yang akan digelar pada Februari 2017 mendatang.

“Ini kali kedua kami ke KPU setelah sebelumnya tanggal 6 Agustus sudah menyerahkan bukti dukungan namun masih ada kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut sudah kami penuhi. Jika masih ada kekurangan maka akan kami sempurnakan,” ujar Syahril.

Selanjutnya, setelah pasangan Syahril dan Said membubarkan diri selanjutnya, KPU menerima kedatangan pasangan Dastrayani Bibra-Said Usman untuk penyerahan berkas persyaratan. Kedatangan pasangan ini di arak oleh ratusan pendukung. Seketika halaman kantor KPU yang berada di jalan Arifin Ahmad Kota pekanbaru disesasi pendukung pasangan ini.

Dan hari pertama tahapan pendaftaran calon di KPU kota pekanbaru di tutup dengan ketibaan pasangan petahanan Firdaus-Ayat.Ketua KPU Kota Pekanbaru, H Amiruddin Sijaya Spd MM didampingi anggota komisioner beserta Panitia Pengawas Pemilu lainnya dalam kesempatan tersebut menyampaikan tahapan pencalonan, bahwa pendaftaran pencalonan resmi dibuka mulai hari rabu hingga Jumat.

Jadwal ini sudah diatur dalam UU nomor 10 tahun 2016 dan PPKPU nomor 5 dan 9 tahun 2016, salah satunya pasal 2 ayat 3 yang menyatakan pendaftaran berlangsung selama 3 hari. Hari pertama dan kedua dibuka mulai pukul 08.00-18.00 WIB, sementara hari ketiga (penutupan) dibuka pukul 08.00-24.00 WIB.”Tahapan selanjutnya balon memeriksakan kesehatan, mulai hari ini sampai tanggal 27 September 2016. Untuk kota Pekanbaru akan dilaksanakan hari minggu ini, nanti surat pengantar dari Pokja untuk tes kesehatan di RSUD Arifin Achmad,” ujarnya.

Kemudian khusus untuk pasangan perseorangan, syarat minimal pasangan Syahril-Said Zohrin menyerahkan dukungan kepada KPU minimal 47.041 dukungan KTP. Syahril dan Said Zohrin saat verifikasi faktual dan rekapitulasi sebelumnya yang memenuhi syarat hanya 30.700 dukungan.

“Dari syarat minimal maka hasilnya kekurangan 16.341 dukungan, untuk memperbaiki dukungan tersebut maka pasangan ini wajib menyampaikan kekurangannya 2 kali lipat yakni 32.682 dukungan yang harus diserahkan pada masa perbaikan 29 September hingga 1 Oktober 2016 ini,” sebutnya.

Kemudian pasangan Syahril dan Said Zohrin menyerahkan berkas pendaftaran kepada KPU disertai bukti dukungan. KPU selanjutnya melakukan pemeriksaan berkas bersama komisioner lainnya sampai selesai. Sekitar setengah jam lebih, pemeriksaaan berkas selesai dan KPU memutuskan menerima pendaftaran pasanganSyahril-Said Zohrin, kekurangan akan dilengkapi pada waktu yang telah ditentukan.

“KPU menyatakan menerima pendaftaran tersebut dan kekurangan akan dilengkapi. Hasil pemeriksaan berkas ini nantinya akan kita pajang di halaman Kantor KPU pada pukul 23-29 September agar bisa dilihat masyarakat, kemudian sekaligus diteliti,” katanya mengakhiri. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *