Puluhan Koperasi di Dumai Terancam Dibubarkan

koperasiDUMAI– Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Koperasi berencana tahun 2016 memberi peringatan terhadap koperasi yang ada. Pasalnya, ada sekitar puluhan koperasi terancam dibubarkan karena dinilai tidak aktif dan tidak pernah menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah koperasi yang tercatat hingga akhir Desember 2015 terdapat sebanyak 163 koperasi aktif. Sedangkan 94 koperasi dinyatakan tidak aktif.  ”Lalu yang melaksanakan RAT hanya 66 koperasi,” terang Kabid Koperasi, Koman Silalahi ketika dikomfirmasi.

Ia juga menjelaskan, pengertian koperasi tidak aktif yaitu koperasi tersebut tidak pernah melaksanakan RAT. Sebab, salah satu unsur koperasi aktif adalah melaksanakan RAT. Tahun ini sudah ada tanda-tanda beberapa koperasi yang akan dibubarkan, namun masih menunggu hasil verifikasi terlebih dahulu. Lagipula, untuk pembubaran kita terbentur dengan Aturan baru dari pemerintah Pusat tentang tata cara pembubaran koperasi dan sebagainya.

”Kira-kira, tahun ini ada sekitar 50 Koperasi yang terindikasi akan dibubarkan, tapi ya itu, kita masih menunggu penerapan Aturan kementrian yang baru. Kendati begitu, saat ini pihaknya tetap melakukan evaluasi koperasi-koperasi yang tidak aktif,” tegasnya.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *