Serahkan KIA, Ditjen Kependudukan Catatan Sipil Pusat Kunjungi SMPN 1 Dumai

20-foto-bersama-di-smp-1-dumai-ketika-menerima-kartu-kia-perdana-di-riauDUMAI– Ada hal yang menarik di Sekolah SMPN 1 Kota Dumai pada Selasa (20/12), usai saja mengadakan kegiatan Maulid Nabi di sekolah tersebut langsung mendapat kunjungan dari Ditjen Kependudukan Catatan Sipil Pusat dalam rangka penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA). Menariknya, untuk diketahui Dumai merupakan satu-satunya daerah di Riau yang mendapat penerapan kartu KIA perdana dan sekolah SMPN 1 Dumai merupakan yang perdana untuk siswa dan siswinya secara langsung  bisa mengunakan kartu KIA.

Kunjungan Ditjen Kependudukan Catatan Sipil dari Jakarta itu antaranya Indarsan dan Okki Maihendra yang didampingi Plt Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Dumai Hasan dan didampingi Kabid KB Wazir,  Riki dan staf  yang langsung disambut Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Dumai, Zahlia MPd.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Dumai dihadapan ratusan siswa dan siswi mengatakan bahwa sangat banyak manfaat dan kegunaan kartu KIA yang diberikan kepada siswa dan  siswi.’ ‘Dari 864 siswa untuk SMP kita baru dibagikan sekitar 508 siswa dan siswi yang baru menerimanya dimana ada 18 siswa dan siswi yang identitasnya masih perlu memenuhi persyaratan yang lengkap,” ujarnya.

Dan menurut Zahlia, sekolah wajib berbangga karena dari banyak sekolah di Riau dan Dumai pada khususnya, SMPN 1 Dumai mendapat kesempatan perdana menerima kartu KIA yang langsung diberikan oleh Ditjen dari Pusat.”Kita berharap kepad siswa dan siswi yang sudah menerimanya dapat mengunakan dan menyimpan kartu ini dengan baik, jangan sampai hilang,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Disdukcapil Kota Dumai, Wazir dalam sambutannya mengatakan, sangat banyak guna dan manfaat dari kartu KIA ini antaranya menjadi salah satu syarat untuk perlindungan hukum. ”Dengan kartu ini banyak hal bisa dilakukan antaranya ada kepastian hukum dari pemerintah dan dapat digunakan untuk pembuatan paspor dan bisa juga digunakan untuk berobat dan bisa mengurus berbagai hal di bank,” jelas Wazir.

Sementara itu dari Ditjen Kementerian Dalam Negeri Kependudukan Catatan Sipil yaitu pak Indersan menjelaskan kepada siswa, bahwa dengan adanya kartu KIA ini setidaknya dapat memberikan pengetahuan dan hal positif kepada anak-anak untuk dapat lebih mandiri. Bahkan bisa menjadi salah satu syarat untuk mengunakan pesawat terbang yang mendapat disckon dari maskapi.

”Saya berharap kepada siswa dapat menjaga kartu ini dengan baik. Karena kegunaanya sangat banyak, dan simpanlah sebaik mungkin untuk kepentingan sendiri dan keluarga,” ucapnya lagi.Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kepada lima siswa dan siswi sebagai perwakilan yang diserahkan oleh Indarsan dan dilanjutkan Plt Sekretaris Disdukcapil Kota Dumai Hasan, Wazir, Kepala Sekolah dan Riki.(*/FR)

 

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *