STAIN Bengkalis Gelar Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

stainBENGKALIS – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis mengadakan pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Pelatihan ini diperuntukkan bagi mahasiswa di lingkungan kampus Islam yang berbasis budaya Melayu.  Kegiatan yang mengambil tema “Membangun bangsa dengan karya, pikatlah dunia dengan tulisan” sebagai pemateri pada kegiatan tersebut mendatangkan pakar dalam bidang menulis  seperti  Mufaroah, M.Si, H. Amrizal, M.Ag dan seorang sastra Musa Ismail, M.Pd.

“Penunjukan mereka  sebagai pemateri dalam pelatihan ini bukan sekadar asal menunjuk, namun setelah pertimbangan dari seluruh panitia serta konsultasi dengan beberapa dosen dan pimpinan kampus  sendiri. Mengingat mereka  juga telah banyak mengeluarkan buku serta karya ilmiah seperti, sastra Bahasa Indonesia, penulis buku Islam dan Kearifan Sosial” kata M. Subli

Salah satu bentuk sumbangan nyata yang dapat diberikan generasi muda adalah berupa karya tulis. Namun, sayang sekali dewasa ini minat generasi muda dalam karya tulis ilmiah mengalami penurunan.

“Untuk menjawab tantangan itu, STAIN Bengkalis lewat Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M)  menggelar pelatihan tersebut” ujar ketua P3M M. Subli, M.Si

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas karya tulis ilmiah yang dibuat oleh para mahasiswa juga dalam rangka menambah kompetensi dalam menghadapi era saat ini. Antusiasme para peserta sangat nampak, karena saat ini banyak kendala dalam penulisan karya tulis ilmiah. Terbukti, salah satu kendala umum yang sering dihadapi oleh penulis karya ilmiah pemula kurang menguasai topik yang dibahas di karya ilmiah yang sedang dibuat.

“STAIN Bengkalis berusaha mengembangkan kemampuan akademik melalui peningkatan kemampuan karya ilmiah, dan merupakan sarana bertukar pikiran antar anggota untuk menambah wawasan. Pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang teknik penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa” harapnya.

Lebih lanjut, Dosen muda ini  menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk menjaring peserta yang akan mengikuti perlombaan pioner tahun depan di Aceh. Agar kampus STAIN Bengkalis dapat mewarnai dan juga berprestasi dalam ajang sekali dua tahun. (RI)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *