TANAH MASIH LABIL,Rencana Ground Breaking Tol Pekanbaru-Dumai

12-Tim Gabungan Tinjau Langsung lokasi titik 0 Jalan Tol Pekanbaru-DumaiPEKANBARU –Pemerintah Kota Pekanbaru tengah menggesa penyelesaian pembangunan aksesjalan peresmian ground breaking Tol Pekanbaru-Dumai di Muara Fajar, Rumbai, Pekanbaru yang akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, termasuk pihak Pemko Pekanbaru.

Pemerintah Kota sebagai penanggung jawab jalan masuk peresmian ground breaking dan optimis dalam minggu ini persoalan jalan tidak ada masalah lagi, apalagi saat ini cuaca sangat mendukung.

“Kita dari Pemko Pekanbaru memang sebagai penanggung jawab akses jalan masuk ground breaking Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 1,6 Kilometer dari Jalan Nasional Pekanbaru-Dumai ke titik nol,”  ð 7 3 Škata Asisten II Setdako Pekanbaru, Dedi Gusriadi.

Sekitar 50 meter jalan yang 1,6 Kilometer masih labil atau goyang belum dilakukan pengerasan. Namun diharapkan dalam minggu ini selesai karena cuaca lagi cerah, mungkin dalam satu minggu 
ini selesai.”Untuk akses jalan tidak ada masalah, mungkin minggu ini selesai. Begitu juga masalah lokasi peresmian ground breaking yang berda di titik nol, nanti akan dilakukan pengerasan kembali,” ujarnya.

Ditanya soal akses jalan alternatif, Dedi Gusriadi menerangkan, kalau jalan tersebut sudah disiapkan. Hal ini sebagai cadangan, karena biasanya Protokoler Presiden minta jalan alternatif. Saat Peninjauan PT Hutama Irit BicaraAda yang aneh saat peninjauan persiapan ground breaking Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Dimana PT Hutama Karya yang merupakan pelaksana pembangunan masih enggan berkomentar saat dimintai keterangan oleh awak media soal kesiapan.

“Saya bukan orang yang berkompeten. Mohon maaf saya belum bisa berkomentar,” kata Willy, penanggung jawab pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Rabu (11/5) saat melakukan tinjauan bersama pihak Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.Seperti diketahui, jadwal peletakan batu pertama pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan dilaksanakan pada minggu kedua atau ketiga Mei 2016 ini, yang dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Untuk persiapan penyambutan Presiden, pihak Pemko Pekanbaru sebagai penanggung jawab untuk lintasan jalan Presiden telah menyesiapkan dua jalan alternatif, jalan utama dan jalan cadangan.Di lapangan, jalan utama sepanjang 1,6 kilometer dari jalan Lintas Pekanbaru-Medan ke titik nol sebagai lokasi ground breaking masing tahap pembenahan. Dimana terdapat 50 meter masih belum dilakukan pengerasan, sementara selebihnya memang telah dilakukan pengerasan, namun masih lembek untuk dilintasi.Melihat kondisi di lapangan, besar kemungkinan Presiden saat peresmian ground breaking akan melintasi jalan utama yang saat ini tengah dilakukan pemadatan. Namun semua itu tergantung dengan hasil koordinasi dengan Protokoler Presiden. Apakah menggunakan jalan utama atau jalan cadangan.

Dalam tinjauan itu, lebih membahas soal teknis penyambutan Presiden RI, Joko Widodo nanti saat peletakan batu pertama Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, dan jalan masuk Presiden.Indra berharap agar peletakan batu pertama jalan tol dapat segera terealisasi. Sebab, proyek tersebut sudah lama dinanti oleh masyarakat Riau. Karena dengan adanyaground breaking, ada kepastian akan pembungan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.”Selama ini kan masyarakat hanya bisa bertanya-tanya, dan menunggu. Makanya dengan ground breaking pertanyaan masyarakat dapat terjawab,” ujarnya. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *