TARGET 20 KANAL BLOKKING Satu Minggu Atasi Karlahutla

bloking2DURI – Beberapa waktu lalu Kapolda Riau yang langsung mendatangi Kabupaten Bengkalis untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Pihak kepolisian Polda Riau bekerjasama dengan sejumlah Mapolres seperti Kapolres Dumai, Kapolres Meranti, Kapolres Rohil dan Kapolres Bengkalis serta pemerintah daerah yang rawan akan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) menandatangi kesepakatan antisipasi Karlahut.

Setelah mendapatkan sosialisasi seluruh anggota Mapolsek Mandau langsung melakukan aksi dilapangan dengan membuat sejumlah blok-blok di sejumlah kanal di desa dan kelurahan di kecamatan Mandau.

Pantauan  dilapangan, Selasa (16/3) terlihat anggota Mapolsek Mandau yang langsung dibawah pimpinan Kapolsek Mandau Kompol Taufiq Hidayat T langsung membuat blok dikanal sungai Dusun Pagambang Desa Buluh Manis RT 4 RW 3 Desa Buluh Manis Kecamatan Mandau. Sekat atau blok yang dibuat oleh pihak kepolisian dan bekerjasama dengan pemerintah desa setempat berguna untuk menahan air dilahan Gambut agar tidak kering dan tidak terjadi kebakaran lahan.

Kapolsek Mandau Kompol Taufiq Hidayat T mengatakan ini merupakan program Mapolda Riau dalam menangani Kebakaran Lahan Dan Hutan (Karlahut) yang setiap tahun menyelimuti wilayah provinsi Riau. Pemasangan Kanl Bloking ini untuk satu minggu ini akan ditargetkan pada 4 Desa yang cukup rawan yaitu Desa harapan Baru, desa Petani, desa Sobangar dan desa Buluh manis yang saat ini sedang dalam pengerjaaan kanal blok nya.

“Kanal bloking yang saat ini dibuat untuk antisipasi karlahut yang setiap tahun terjadi. Saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan untuk perkebunan dengan cara membakar, karena yang merasakan dampak dari membakar lahan atau hutan adalah masyarakat seluruh tanpa terkecuali, “himbau Kompol Taufiq.

Pembuatan kanal bloking ini dibuat dengan target desa atau kelurahan yang selama ini cukup rawan dengan kabakaran. Hal ini tentunya mengurangi dampak akan akibatnya kebakaran hutan dan lahan. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *