Tim Gabungan Masih Membutu Tiga Tahanan Kabur

Napi-kaburDUMAI  – Pihak Kejaksaan dan Kepolisian Resort Dumai terus mengejar dan memburu tiga tahanan kabur di sel sementara Pengadilan Negeri (PN) Kota Dumai. Ketiga terdakwa kasus narkoba, Hary Kurniawan (21), Budi Praja (33) dan Mikhel Jaksono (33) diduga telah kabur keluar kota.

Kasipidum Kejari Dumai Andi Wildan Saragih SH megatakan pihaknya kini tengah memburu ketiga tahanan yang kabur di tahanan pengadilan negri, Senin (29/8) lali. “Tim gabungan sedang mengejar tahanan tersebut. Mereka sudah lari keluar kota,namun upaya pengejaran akan terus kami lakukan ,”ujarnya.

Wildan mengatakan keJaksaan Negeri Dumai sudah koordinasi dengan reskrim dan narkoba untuk bantu pengejaran. “Sebenarnya ada empat. Yang keempat ini sempat kami pergoki dan kiami amankan, dia akan kita tuntut karena turut membantu ketiga tahanan yang kabur” terangnya.

Mengenai adanya keterlibatan, pihak luar dari kasus kaburnya tahanan tersebut, Wildan membantah hal itu, bahkan menurutnya tidak ada sama sekali. ”Namun nanti kita lihat sejauh mana keterlibatan tahanan yang berhasil diamankan,”tuturnya.

Sebelumnya, pihak pengadilan Negeri menyebutkan kaburnya tahanan tersebut merupakan tanggung jawab kejaksaan dan kepolisian. “Saya bertanggung jawab atas kaburnya tiga tahanan. Tapi ini adalah tanggung jawab bersama. Jangan mencari siapa salah,” ujar Wildan.

Disebutnya, Kalau bicara mengenai posisi, lanjut Wildan menjelaskan saat ini posisi tiga tahanan adalah dalam masa penahanan hakim. Menurut dia pihaknya bekerja sudah sesuai SOP. Dimana, petugas jaksa membawa tahanan dari Rutan Dumai untuk mengikuti agenda persidangan di PN Dumai, dibantu petugas Sabhara Polres Dumai.

”Semuanya sudah sesuai SOP, tidak ada yang ingin hal ini terjadi,” sebutnya.Sementara itu Humas PN Dumai Muhamad Sakral SH,MH saat dikonfirmasi, Selasa (30/8) mengatakan kejadian kaburnya tahanan narkoba tersebut tidak mengganggu proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Dumai.
“Persidangan baik pidana maupun perdata di Pengadilan Dumai akan tetap berlangsung seperti biasanya. Tidak ada penundaan persidangan terkait dengan kaburnya 3 tahanan tersebut ” tutupnya.

Aktifitas pengadilan pidana dan perdata tetap berjalan seperti biasa, tidak terhalang dengan kejadian tersebut. Untuk kedepan ia akan meningkatkan keamanan.Ia juga mengatakan, untuk mencari tahanan merupakan tanggung jawab kejaksaan, Kepolisian, manun ia tidak terlalu jauh menangapi kenapa ada pintu di atas tahanan yang berhasil membobol keatas plafon, “mungkin itu merupakan postur bangunan awak yang dirancang,” tuturnya.
Selain itu bangunan PN ini juga tidak dilengkapi dengan cctv sehingga kejadian itu bukan hanya lost pengawasan dari keamanan namun juga lolos dari pantauan.(*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *