Uji Coba Selesai, 13 Oktober City Gas Mengalir

pemerintah-kota-pekanbaru_dufc9_4163PEKANBARU– PT Pertagas Niaga merilis akan mulai mengalirkan gas ke rumah tangga yang berada di Kecamatan Limapuluh setempat pada tanggal 13 Oktober 2016 mendatang.

Demikian disampaikan Manager City Gas PT Pertagas Niaga Virani Yusita Sari kepada wartawan belum lama ini. Ia menjelaskan Kamis ini (13/10) pihaknya akan melakukan rapat koordinasi terakhir dengan pihak hulu gas yakni PT Energi Mega Persada Bentu selaku suplayer serta Pertamina.

“Saat ini sektor I di Kecamatan Limapuluh sudah selesai kami uji coba jaringan pipanya. “katanya.
Menurut Virani pada tanggal 13 Oktober nanti gas kota sudah bisa langsung mengalir ke rumah tangga yang sudah dipasangi jaringan pipa selama ini. “Kami akan buka satu sektor dulu dimana terdapat 200-300 rumah tangga,” ujarnya lagi.

Diakuinya persiapan untuk peluncuran aliran gas ini sudah dimulai tiga minggu lalu pascatuntasnya pemasangan jaringan pipa gas kota.

“EMP Bentu juga sudah selesaikan pemasangan meter gas di rumah-rumah. Kami Pertagas juga sudah melakukan ujicoba dan pengecekan pipa semoga tidak ada yang bocor,” terangnya lagi.

Ia menambahkan sejauh ini prosesnya aman dan tidak ada kendala, sehingga dipastikan tanggal 13 Oktober waktu yang pas untuk peluncuran aliran pertama gas kota.

Walikota Pekanbaru dijumpai di Pekanbaru mengakui bahwa proses pembangunan gas kota di Kecamatan Limapuluh September kemaren selesai.”Managemen PT Pertagas Niaga sudah melaporkan hasil kerja mereka dalam memasang jaringan pipa gas ke rumah-rumah. Kali ini pilot projeknya khusus di Kecamatan Limapuluh,” kata Firdaus.

Firdaus menjelaskan pihak Pertagas Niaga menyampaikan informasi bahwa gas kota di Limapuluh akan beroperasional. “Instalasi sudah selesai juga meteran,” katanya lagi.Firdaus menambahkan dengan beroperasinya gas kota nantinya maka akan mengurangi pemakaian elpiji tabung tiga kilogram. Ia menambahkan kalau gas kota ini sukses, pihaknya akan mengusulkan lagi pembangunan pada kecamatan lain di Pekanbaru.

“Keuntungannya pakai gas kota harga lebih murah, keberlangsungan suplai dan keselamatan terjamin,” katanya.
Untuk diketahui, PT Pertagas Niaga selaku anak perusahaan Pertamina pada bulan Juli 2016 telah selesai membangun sebanyak 3.713 sambungan pipa gas kota di Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Provinsi Riau.
Pembangunan jaringan pipa gas kota dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2015. Besar anggarannya Rp70 miliar. Pembangunan jaringan pipa gas kota ini sudah dimulai Oktober 2015 lalu hingga Maret tahun 2016. (*/FR)

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *