Wako: Dumai Memasuki Usia Dewasa

27-ft humas Upacara HUT Ke - 17 Kota Dumai2DUMAI — Tak terasa ternyata Dumai sudah dewasa berusia 17 tahun sejak memisahkan diri dengan Kabupaten Bengkalis pada tahun 1999 lalu. Peringatan Hari Jadi ke-17 Kota Dumai sebagaimana diselenggarakan, Rabu (27/4) adalah suatu momentum sangat penting dan bersejarah bagi segenap masyarakat Kota Dumai.

Walikota Dumai, H Zulkifli AS menuturkan suasana penuh kegembiraan dan kekeluargaan menghiasi setiap sudut dan penjuru Kota. Sedangkan peringatan ini untuk mengembalikan memori kepada amal bakti dan jasa-jasa para pejuang otonomi Kota Dumai.

“Sehingga kita merasakan makna kebebasan mengatur diri sen ð 7 3 Šdiri dalam bingkai otonomi, buah dari hasilkerja keras dan keuletan dari pendahulu kita tersebut,”tuturnya.

Satu hal yang perlu kita garis bawahi adalah bahwa perjuangan untuk mendirikan Kota Dumai, bukanlah perjuangan yang ringan. Akan tetapi banyak rintangan dan tantangan yang memakan waktu panjang.

27-ft humas Upacara HUT Ke - 17 Kota Dumai3

Jpeg
Jpeg

Sudah pada tempatnya jika peringatan hari jadi Kota Dumai kita jadikan sebagai kilas balik untuk melihat potret Dumai masa lalu, masa kini, dan masa akan datang. Kita peringati hari jadi ini, tidak hanya dipandang dari pelaksanaan serimonial belaka, melainkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk menyatukan visi dan persepsi, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan, sehingga menjadikan suatu penuntun dan kekuatan agar daerah ini lebih baik dan lebih maju.

Sejalan dengan tema tema Hari Jadi ke-17 Kota Dumai, yakni Sempena Hari Jadi Ke-XVII Kota Dumai Tahun 2016 Kita Wujudkan Masyarakat Dumai Yang Makmur Dan Madani. Tema ini mengandung filosofi untuk mengajak segenapanak negeri, bahu membahu, bersatu padu dengan tidak membedakan asal usul, besar dan kecil, namun bersama-sama membangun negeri ini, dengan mendayagunakan segala potensi dan sumber daya yang ada dalam ketamadunan Melayu menuju tercapainya masyarakat yang makmur dan madani.Kini, Pemerintah Kota Dumai terus membangun dengan konsep yang pasti dan terarah. Insya Allah, dengan mengedepankan kebersamaan maka kerja keras kita semua tentunya akan membuahkan hasil yang mengembirakan.

Berbagai kegiatan yang berpihak kepada kepentingan rakyat banyak telah dan akan terus kita laksanakan, mulai dari sektor pendidikan, infrastruktur, kesehatan hingga pengembangan sektor ekonomi kecil dan menengah. Berbagai sarana dan prasarana penunjang kesejahteraan masyarakat pun akan terus kita upayakan. Peningkatan pelayanan masyarakat dan jasa publik secara maksimal, terus diupayakan dengan berbagai program yang tepat sasaran serta efektif dan efisien.

“Untuk itu, Pemerintah Kota Dumai menghimbau kepada segenap masyarakat mari kita bahu membahu dalam menciptakan situasi dimana pelayanan terhadap mayarakat ini dapat tercipta dengan baik, tentunya sesuai dengan kapasitas kita masing-masing,”jelasnya.

Katanya lagi, melalui momen peringatan Hari Jadi ke-17 Kota Dumai kali ini, dia menekankan kepada seluruhaparatur untuk mengutamakan konsep kedisiplinan dalam melakukan tugas-tugas dan fungsinya sehari-hari.Kedisiplinan ini mencakup banyak hal, mulai dari disiplin waktu, disiplin diri dan disiplin dalam menyelesaikan tugas dimana outputnya berupa pelayanan yang secara umum meliputi barang, jasa dan administrasi. Mustahil pelayanan prima akan dirasakan oleh masyarakat jika kedisiplinan tidak dijunjung tinggi oleh para aparat, khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kemudian, saya juga menghimbau, mari sama-sama kita tanamkan budaya malu dalam melaksanakan aktifitas pekerjaan kita sehari-hari. Malu untuk tidak disiplin, malu tidak melayani masyarakat dengan baik, malu apabilamelanggar peraturan perundangan dan  ð 7 3 Šmalu-malu dalam artian positif lainnya. Karena agama kitajuga mengajarkan bahwa ‘Malu itu tiada lain kecuali berbuah kebaikan’.

Peringatan Hari Jadi Kota Dumai digelar dengan apel bersama Rabu (27/4) dihadiri Walikota Dumai H Zulkifli selaku irup, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, Staf Ahli Pemprov Riau H Arlizman Agus. Ketua DPRD Kota Dumai H Gusri Effendi,Wakil Ketua DPRD Idrus ST,Kapolres Dumai AKP Suwoyo,Dandim 0320 Dumai Letkol KAV Rendra Adrian Siagian, Wakil Ketua DPRD Riau H Sunaryo dan unsur Forkopinda lainnya serta unsur SKPD dan kecamatan serta kelurahan. (*/FR)

 

Bagikan Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *